RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
1
Satuan Pendidikan : SD Negeri 3 Otting
Kelas/ Semester : I / 1
Tema/Topik : Diriku
Sub Tema : Aku dan Teman Baruku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
(175 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1
|
.
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
2
|
.
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
|
3
|
.
|
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah
|
4
|
.
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
|
3.2
|
Mengenal
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
|
|
4.2
|
Melaksanakan
tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
di sekolah
|
Bahasa Indonesia
|
3.4
|
Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
|
4.4
|
Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
|
SBDP
|
3.1
|
Mengenal
cara dan hasil karya seni ekspresi
|
4.1
|
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan
bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
|
C.
INDIKATOR
PPKn
|
·
Mengidentifikasi aturan permainan
di sekolah
·
Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah
|
Bahasa Indonesia
|
·
Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
·
Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama lengkap.
·
Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan
·
Menyebutkan nama temannya
|
SBDP
|
·
Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
·
Memberi hiasan pada kartu nama
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
|
·
Melalui penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasi
aturan permainan di sekolah
·
Melalui demosntrasi siswa
dapat menjalankan peraturan pada
permainan di sekolah
|
Bahasa Indonesia
|
·
Melalui permainan lempar bola,
siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara
benar
·
Dengan melakukan permainan siswa
dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
|
SBDP
|
·
Setelah mendengar penjelasan
guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi
|
E. MATERI POKOK
PPKn
|
·
Menjalankan
peraturan
|
Bahasa Indonesia
|
·
Memperkenalkan diri
|
SBDP
|
·
Memberi hiasan pada kartu nama
|
F.
PENDEKATAN
& METODE
·
Pendekatan : Scientific
·
Strategi : Cooperative Learning
·
Teknik : Snable troing
·
Metode : Penugasan,
Tanya jawab, Diskusi, dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Mengajak
semua siswa berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.
Mengecek
kehadiran dan
kesiapan siswa menerima pelajaran
3.
Mengajak siswa menyanyikan lagu “Ana-Anak Baru”
4.
Dilanjutkan dengan tanya jawab tentang syair lagu,
mengapa kita harus saling mengenal
5.
Memberikan penjelasan tentang pentingnya kebersihan
kelas dengan kenyaman kegiatan pembelajaran
6.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
7.
Memotivasi dan
mengajak peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
|
15 menit
|
2.
Kegiatan Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
1. Pada
awal pelajaran, guru mengucapkan selamat datang kepada siswa.
2. Guru
meminta siswa mengamati buku siswa dari halaman 1–3.
3. Guru
menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3.
4. Siswa
diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta
melingkar, boleh duduk atau
berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
5. Permainan
dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak....
kemudian, melempar
bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa
yang menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilannya. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman
yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama
lengkap dan nama panggilan.
7. Demikian
seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
8. Setelah
semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru
menggunakan lagu yang ada di Buku Siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
9. Siswa
tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapakah Namamu” sambil menepuk salah satu
siswa, lalu siswa itu
menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut
menyebutkan namanya sambil
mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
10. Kegiatan
ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang,
upayakan guru
memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
11. Setelah
diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan
kartu nama
12. Guru
menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
13. Guru
membagikan potongan-potongan karton seukuran kartu nama.
14. Guru
membagikan kertas bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk
dijadikan contoh untuk
menulis.
15. Lalu,
Siswa diminta menuliskan namanya di karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
16. Setelah
itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau dipajang di kelas.
|
145 menit
|
3.
Kegiatan Penutup
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Guru dan
siswa menyimpulkan pentingnya saling mengenal di mulai dari mengenal nama
2.
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
3.
Melakukan
penilaian
4.
Memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran yang telah dilakukan
5.
Menyampaikan
pesan moral kepada siswa bahwa kalau pulang jangan berebutan keluar
kelas,menyebrang lihat kiri dan kanan, masuk rumah harus mengucapkan salam,
dll.
|
15 menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
- Media dan Alat Bantu Belajar :
·
Bola
plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola.
·
Karton/kertas/kardus
bekas seukuran kartu nama.
·
Pensil
warna/spidol yang bisa digunakan untuk
·
menghias
kartu yang sudah disediakan.
·
Tali/peniti/alat
lain untuk memasangkan kartu nama.
- Sumber Belajar :
·
Buku Siswa Kelas I Tema “Diriku”.
Buku Tematik Terpadu
Halaman 1 - 5 Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
·
Buku Guru Kelas
I Tema “Diriku”. Buku Tematik Terpadu Halaman 6 – 16 Kurikulum 2013.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
I.
EVALUASI / PENILAIAN
a.
Teknik Penilaian
·
Pengamatan sikap
·
Tes unjuk kerja
·
Tes tertulis
b.
Bentuk Instrumen Penilaian
·
Lembar pengamatan sikap dan
rubrik
·
Tes uji kompetensi dan rubrik
·
Tes uraian dan isian
c.
Instrumen
a.
Penilaian
Sikap
No
|
NAMA
|
SIKAP YANG DIAMATI
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Zainal Abidin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Vivi Fitriani RM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT
= Belum Terlihat, MT = Mulai
Terlihat, MB = Mulai Berkembang , SM =
Sudah Membudaya
b. Penilaian Pengetahuan
Kerjakanlah soal-soal di bawah ini dengan
tepat !
P Kn
|
:
|
1. Peraturan pada permainan sebaiknya
dilaksanakan dengan ….
|
Bahasa Indonesia
|
:
|
2. Perhatikan gambar di bawah ini !
Aku Beni A Aku Edo
Siapa
yang sedang berkenalan ?
|
Penjaskes
|
:
|
1. Siapa nama teman - teman Udin ?
|
SBK
|
:
|
1. Berilah hiasan pada kartu namamu !
|
Kunci Jawaban dan Penskoran
Mapel
|
Jawaban
|
Skor
|
P Kn
|
Peraturan pada permainan sebaiknya dilaksanakan dengan
baik/benar
|
2
|
Bahasa Indonesia
|
Beni dan Edo
|
3
|
Penjaskes
|
Siti, Beni,
Dayu, Edo, Lani
|
5
|
SBK
|
Kebijakan guru
|
4
|
c. Penilaian Keterampilan
Penilaian: Unjuk kerja
a.
Memperkenalkan diri lewat permainan
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa mampu
menyebutkan nama panjang
dan nama
panggilan
|
Siswa mampu
menyebutkan nama panjang
|
Siswa hanya
Mampu me nyebutkan nama panggilan
|
Siswa belum
Mampu memper kenalkan diri
|
2
|
Kemampuan menjalankan
peraturan pada
permainan
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
dengan instruksi
tanpa pengarahan
ulang
|
Siswa mampu
melakukan
permainan sesuai
aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang
|
Siswa ampu
melakukan
permainan sesuai aturan,
tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
|
Siswa belum
mampu melakukan
permainan
sesuai dengan aturan
|
3
|
Kemampuan melakukan
gerakan melempar dan
menangkap
|
Siswa mampu
melempar dan
menangkap bola
dengan akurat (tidak
pernah meleset)
|
Siswa melempar
dan menangkap
bola, tetapi 1-2 kali meleset
|
Siswa melempar dan
menangkap bola, tetapi
lebih dari 3
kali meleset
|
Siswa belum
mampu melempar
dan menangkap
bola
|
b.
Rubrik
Penilaian unjuk kerja (memperkenalkan diri dan membuat
kartu nama)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1
|
Komponen kartu nama
|
Memenuhi 3 komponen (gambar atau foto
diri, hiasan, dan bentuk yang unit)
|
Memenuhi 2 dari 3 komponen
|
Hanya memenuhi 1 dari 3 komponen
|
Tidak memenuhi 3 komponen
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 warna atau lebih
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................................
NIP. ..........................................
|
|
…………….., ………………..
Guru kelas 1
..............................................
NIP. .........................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar